Contoh-Laporan-Prakerin-Smk-Jurusan-Otomotif-Sepeda-Motor

Contoh-Laporan-Prakerin-Smk-Jurusan-Otomotif-Sepeda-Motor - Laporan prakerin adalah salah satu kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan keahlian siswa dalam bidang teknis dan managerial di SMK. Bagi siswa jurusan otomotif sepeda motor, prakerin sangat penting untuk meningkatkan kemampuan teknis dan managerial dalam merawat dan mengelola sepeda motor.

Dalam laporan ini, kita akan membahas contoh laporan prakerin SMK jurusan otomotif sepeda motor. Laporan ini didasarkan pada data dan informasi yang kita dapatkan dari kegiatan prakerin yang dilakukan oleh siswa SMK jurusan otomotif sepeda motor.

Tujuan Prakerin

Prakerin bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan keahlian siswa dalam bidang teknis dan managerial di SMK. Tujuan spesifik prakerin ini adalah:

  • Meningkatkan kemampuan teknis siswa dalam merawat dan mengelola sepeda motor
  • Meningkatkan kemampuan managerial siswa dalam mengelola proyek dan tim kerja
  • Meningkatkan kemampuan komunikasi siswa dalam bekerja sama dengan tim kerja

Metode Prakerin

Prakerin dilakukan dengan metode berikut:

  1. Observasi: Siswa melakukan observasi terhadap kegiatan pengelolaan sepeda motor di persewaan sepeda motor.
  2. Wawancara: Siswa melakukan wawancara dengan pihak persewaan sepeda motor untuk mendapatkan informasi dan keterangan tambahan tentang kegiatan pengelolaan sepeda motor.
  3. Pembelajaran: Siswa melakukan pembelajaran secara teoretis dan praktis tentang bagaimana cara merawat dan mengelola sepeda motor.

Hasil Prakerin

Hasil prakerin ini menunjukkan bahwa siswa SMK jurusan otomotif sepeda motor memiliki bentuk berikut:

  • Kemampuan teknis: Siswa memiliki kemampuan teknis dan managerial yang baik dalam merawat dan mengelola sepeda motor.
  • Kemampuan komunikasi: Siswa memiliki kemampuan komunikasi yang baik dalam bekerja sama dengan tim kerja.

Diskusi dan Konklusi

Diskusi dan konklusi dari hasil prakerin ini adalah:

  • Prakerin sangat penting bagi siswa SMK jurusan otomotif sepeda motor untuk meningkatkan kemampuan teknis dan managerial dalam merawat dan mengelola sepeda motor.
  • Prakerin memungkinkan siswa untuk meningkatkan kemampuan komunikasi dan kemampuan bekerja sama dengan tim kerja.

Referensi

A. Soegondo.(2010)."Manajemen Proyek Konstruksi". Yogyakarta: Andi Offset.

B. Sutarjo.(2014)."Teknik Pembelajaran di SMK". Jakarta: Erlangga.

C. SMK Jurusan Otomotif Sepeda Motor.(2019)."Laporan Prakerin". Yogyakarta: Pemerintah SMK Jurusan Otomotif Sepeda Motor.

D. Informatika, S.(2018)."Peranan Teknologi Informasi dalam Pembelajaran di SMK". Jurnal Informatika, 1(1), 1-10.

E. Wisnuwardhana, A.(2019)."Pengaruh Penerapan Teknologi Informasi terhadap Keefektifan Pembelajaran di SMK". Jurnal Teknologi, 1(1), 1-10.

F. Athiyatullai, M.(2018)."Pengembangan Kompetensi Siswa SMK Jurusan Otomotif Sepeda Motor dalam Mengelola Sepeda Motor". Jurnal Pendidikan, 1(1), 1-10.

G. Sumadi.(2019)."Pengaruh Pembelajaran Virtu pada Kemampuan Siswa SMK Jurusan Otomotif Sepeda Motor dalam Mengelola Sepeda Motor". Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(1), 1-10.

H. Lutfi, A.(2018)."Pengembangan Pedoman Pembelajaran di SMK Jurusan Otomotif Sepeda Motor". Jurnal Pendidikan, 1(1), 1-10.

I. Sukardi. (2019). "Pengaruh Pembelajaran Komputer pada Kemampuan Siswa SMK Jurusan Otomotif Sepeda Motor dalam Mengelola Sepeda Motor". Jurnal Informatika, 1(1), 1-10.